tersesat di jalan yang benar?



Sebelum bus jalan disamping bangkuku udah terisi orang.  Ya, aku tau dia siapa. Yogo, ketua sabdapala, anak JKG.aku lupa dari mana, tapi percakapan diantara kami mulai mengalir. Aku mulai cerita tentang aku sendiri yang “belum dapet feel dijurusan ini, dia lalu mulai cerita tentang ibunya yang bidan. Lucu  juga sih ngedenger dia cerita  tentang orangtuanya yang mana pas dia cerit a rasanya tuh kayak dia nyeritain kayak ngebacain cerpen. Jadi gini ceritanya, dulu di suatu daerah di Pemalang, ada seorang perempuan yang baru ditugasin ke daerah itu, dimana dia baru satu-satunya bidan di tempat itu. Di tempat itu udah banyak banget dukun beranak. Nah, pas bidan kesana dukun-dukun itu pada ngemusuhin. Kenapa? Karena orang-orang di desa itu langsung lari ke bidan. Ya, jadilah para dukun itu sepi. , , dengan berbagai macam hal lah, Nah jadikan dukun-dukun ga ada penghasilan, mereka ngemusuhin bidan itu sampe juga bidannya itu diteror lalu muncul seorang pria yang ngelindungin wanita itu, lalu mereka menikah. Rasanya aku baru aja dapet cerita romantis.nah dia juga bilang, kata gurunya di pesantren itu, 3 orang pokok yang harus ada dalam suatu desa, yaitu, tokoh agama, jadi kayak orang-orang yang menikahkan orang-orang, tukang kubur, yang ngurusin orang-orang yang meninggal dan bidan, orang yang ngebantu proses jalannya generasi. Nah disini, aku ngerasa banget fungsi seorang bidan. Ini kayak pusat/ vitalnya perannya di masyarakat.
Lalu aku bilang, “kamu ngebuat aku kayak bangga banget kuliah di kebidanan” . dia lalu bilang “kamu emang harus bangga dong, bidan juga berperan dalam  menurunkan angka kematian    ibu dan bayi. Rasanya kayak, bidan itu sebagai penolong nyawa seorang ibu yang ngelahirin. Istilah   ini kayaknya sangat sombong sih, buat apa pendidikannya mahasiswi bidan kalau bukan untuk  nurunin angka kematian ibu dan anak.    
Udah segini dulu deh ngepost nya. Jadi makasih buat teman baru yang udah ngajarin arti pentingnya profesiku nantinya. Sukses juga buat kamu yang udah mulai ngurusin KTI dan bakan PKL
!

0 comments:

Powered by Blogger.