cinta beda agama? simpel tapi rumit

hmm, aku ngawali nulis ini sambil bergumam

sebenernya kepikiran nulis ini gara-gara aksi damai 212, ya akhirnya rakyat Indonesia bisa toleransi juga kan sama beda gama, dan kerennya diberitain bayak sumbangan makanan dan minuman dari agama lain. keren kan Indonesia, sudah maju peradabannya. sudah bisa nerima perbedaan, gak demo demo lagi. 

nah trus apa kabar untuk orang Indonesia yang udah tolerir dari dulu. buat mereka yang sahabatan sama beda agama, dan bagi mereka yang jatuh cinta sam aorang yang beda keyakinan.

aku sih langsung kepikiran film yang pernah aku tonton, judulnya cin(t)a jadi ceritanya tentang seorang chineese, namanya cina, trus jatuh cinta sama wanita muslim, namanya annisa. ada lagi film Cita Tapi Beda, ini ceritanya anak kepala desa atau apa gitu yang agamanya kuat tapi  jatuh cinta sama penari yang beda agama.

kalau ngutip salah satu quotes:
katanya sih di setiap agama ada cinta, tapi cinta ngga punya agama.
bener gak ya menurut kalian?
kalau dipikirin lagi kita mecintai agama kita, kita mencintai ajaran agama kita masing-masing, dan disetiap penganut agama pasti memiliki cinta. tapi cinta gak tau agama, dia bisa ada diantara dua insan yang beda agama. hmmm rumt juga ya

by the way, fenomena cinta beda agama ini sering banget aku jumpai di sekitarku,  kemarin banget aku ngekos di rumahnya janda yang nonis, trus kedatangan keluarganya, eh ternyata keluarganya itu berjilbab. jadi aku bingung keluarganya yang pindah agama atau beliau? mau dintanyain kan gak enak, sensitif gitu kan soal agama. ibunya cuma bilang ke aku,

"nanti tanggal 25 desember kesini aja mba, nanti kumpul keluarga ibu, nah kalau lebaran kumpul keluarga di adik ibu yang muslim"
aku sih ngangguk aja, yakali bu aku ikutan natalan. wkwkkwk

nah kalo temenan sama yang beda agama baru aku rasain pas masuk kuliah, padahal dulu pas SD punya teman kursus yang beda gama, tapi orangnya tertutup, ya kita gak akrab gitu deh. maklum beda rumah, beda alamat, beda sekolah ya jadi cuma ketemu pas les senyum sana sini, gak banyak ngobrol. maklum pemalu. wkwkwk

nah kuliah ini, punya teman yang beda agama, namanya Rosi, dia katolik. ya kita ngejalanin ibadah masing-masing aja, kadang dia ke gereja tiap minggu minta diantar temen yang muslim, kita sih fine-fine aja, pas lagi ada latihan voli dia nungguin aku solat di mesjid, ya tetep kita fine-fine aja. kadang kita nyinggung dia, kalo kamu nanti suka sama yang muslim gimana ros? dia sih santai aja soalnya udah punya pacar wkwkwk

lanjut

nah sekarang, lagi PKL di tegowanu, tinggalnya di rumah bidan, agamanya bu bidan sama suaminya beda juga, suaminya muslim, istrinya kristen. nah karena aku penasaran sama agama anaknya, yaudin aku tanya, loh bu ke gereja nya sendirian, ga sama anaknya? trus kata ibunya, yang anak yang cowok itu islam ikut bapaknya, nah anaknya yang cewek yang ikut ibu agamanya. oalah. 

jadi kayak ngebuat kesepakatan kayak gitu. 
kemarin juga sempet gak sengaja denger percakapan co-ass pas ditanya bidan di ruang VK. nanayanya kalo kalian beda agama trus nikahnya gimnana? di luar negri? trus dia bilangnya sih nikahnya 2 macam, jadi ya keitungnya 2 kali gitu kali ya. nikah pake agama pasangannya sama agamanya dia.

btw
aku juga pernah ngerasain sih inta beda agama gitu, wkwkk jadi curhat. jadi yaa ceritanya deket gitu kan, nah pas mau buka puasa tuh kok dia bilangnya udah makan duluan. eh ternyata dia gak puasa, bukan puasanya batal loh ya, tapi ya gak puasa :(
jadinya kita makan pas aku lagi ga puasa juga hahahaha

sempet gegara ini aku pernah masang DP BBM kayak gini, iseng aja sih sebenernya, tapi kesannya kok alay yah gue wkwkk
trus temen SMA ku ngomen, lupa ngomen apa, tapi dia bilangnya kakaknya juga pernah ngejalanin hal tersebut (read: cinta beda agama) dan kelanjutannya yah, mereka nikah dan abangnya bisa bimbing si cewek itu, hmmm. happy ending juga ya soalnya banyak banget kan pasangan yang mau serius sampe nikah tapi ternyata beda gama, dan akhirnya harus berpisah karena orang tua gak ngijinin, bahkan negara kita pun belum nge legalin nikah beda keyakinan.

kalau pandanganku sih cinta beda agama ya sah sah aja, namanya juga cinta ya mau gimana lagi. tapi, kalau nikah sih baru masuk problem, soalnya kalau di agamaku sendiri ya, Islam, nah kita gak dibolehin nikah sama beda agama gitu, keitungnya ya zina, nikahnya gak sah. dan kalau menurutku aturan agama kayak gitu ya udah valid, udah gak bisa lagi dilanggar.
 jadi ceritanya, pas tahu tuh orang beda agama, aku perlahan mundur walau menyakitkan, ceileeh.

 walaupun banyak sih pasangan yang pengen pembenaran atas apa yang mereka jalani, kalau mereka beneran toleransi sama apapun agama pasangannya, bagaimana cara ibadahnya. tapi aku pengen nanya lagi deh? beneran gak sih kalau kita yang dari kecil diajarin pondasi agama, ajarannya, larangan-Nya trus bisa dengan mudahnya menerima orang lain yang bakalan menemani kita dengan prinsip hidup dia, agama dia yang beda. Atau apakah mungkin 'dia' yang udah megang teguh agamanya sedari kecil selalu mengikuti ajaran Tuhannya mau pindah agama beratas namakan cinta? beneran dia rela 100%
nah ada quotes keren lagi nih:


yah jadi intinya kayak gitu sih, menurutku. cinta yang ada itu buat ujian, kita lebih mencintai ciptaan-Nya atau mencintai Dia?
hmm, menurutmu gimana?

0 comments:

Powered by Blogger.