Cerita Pengalaman Menjalani Diet GM ( ketika perut mengecil, lingkar perut dan lingkar lengan berkurang !)

akhirnya Go-Blog lagi, guys gue mau cerita nih setelah menjalani diet GM. Awalnya sih gara gara BB naik 2 kg setelah praktik di Puskesmas. Padahal pas di RS olahraga mati-matian bisa turun setengah kilo seminggu. Pas di Puskesmas, kan tinggal di bidan tuh, makanannya dari bidan kan, 3x sehari, gak kuat nolak padahal biasanyaOCD an. selama disana gak OCD sama sekali. di Puskesmasnnya juga sering dijajanin bidan- perawat sana. sampe lihat timbangan sedih sendiri T.T. 
Dan gue  curhat tuh ke si teteh, si teteh emang tempat buat nyeritain keluh kesah wkwkkwk. trus disuruh diet GM mumpung libur. Gue sempet mikir sih, ngefek gak ya. ragu juga. Yah daripada gak ngapa-ngain yaudah gue diet aja. Makanya disini gue mau cerita tentang pengalaman gue diet GM. Ini Buat yang belum tau diet GM itu apa, ini penjelasannya. gue kutip dari nikita.id

"Inilah diet general motors. Mottonya adalah langsing tanpa lapar. Ini jelas sebuah slogan yang tidak hanya menarik, tapi juga mementahkan beberapa diet yang selalu menyertakan bonus lapar dalam programnya. Selain itu, banyak sekali diet yang sangat membosankan dengan menu yang sama, tiba-tiba prosinya menjadi sangat sedikit karena diet. Diet ini rawan gagal karena Mama tak tahan sehingga tak lama lagi, berat badan Mama pun beranjak naik kembali.

Bila itu yang terjadi, diet GM bisa menjadi pilihan. Diet ini pertama kali diluncurkan untuk para karyawan perusahaan otomotif ternama, yaitu perusahaan General Motors, Amerika Serikat.  Program diet 7 hari ini diuji lapangan oleh John Hopkins Research Center dan hasilnya telah disetujui oleh jajaran manajemen puncak General Motors. Program diet ini berhasil menaikkan derajat kesehatan dan kebugaran manajemen General Motors, sekali gus menaikkan daya saing produk General Motors

Diet GM dirancang untuk menurunkan berat badan sekitar 5-8 Kg dengan aman dalam satu minggu. Diet GM juga bersifat detoksifikasi serta memperbaiki pola makan serta emosi.

Diet GM merupakan program diet selama 7 hari penuh dengan menu jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Selama masa diet harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol selama program diet berlangsung.

Diet GM dapat diulang sekali sebulan tanpa mengganggu keseimbangan gizi. Berat badan ideal maksimal anda adalah 22,5 x Tinggi Badan (M) x Tinggi Badan (M).



Bila tinggi badan anda 162 cm, maka berat badan maksimum anda adalah 22,5 x 1,62 x 1,62 = 59 Kg.

Ibu menyusui yang kelebihan berat badan, penderita diabetes mellitus, penderita penyakit jantung, penderita penyakit lambung (gastritis) sangat dianjurkan mengikuti diet ini.
Bagaimana Cara Melakukan Diet GM?

Ini yang perlu Mama lakukan saat menjalani diet GM:

Hari Pertama: Buah-buahan, kecuali pisang.

Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka.



Hari Kedua: Sayur-sayuran

Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Apa saja baik mentah maupun matang. Bisa dimasak tumis, sup ataupun rebus. Dibuat pecal juga boleh asal bumbu kacangnya terbatas.

Tidak ada batasan jumlah ataupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.



Hari Ketiga: Sayur dan Buah

Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi buah pisang.



Hari Keempat: Pisang dan Susu

Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah pisang serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain. Bila Mama allergi terhadap susu sapi (Lactose intolerance), bias diganti dengan susu kedele.

Bila Mama tidak suka makan pisang, bias diganti dengan jambu klutuk mateng, buah Kiwi, atau melon.




Hari Kelima: Daging atau File Ikan dan Tomat

500 gr daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Daging Hamburger atau Meal Ball dibolehkan. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

Bila Mama tidak suka tomat, ganti dengan belimbing manis.



Hari Keenam: Daging atau File Ikan dan Sayuran

Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging atau Ikan (file) dalam jumlah yang tidak dibatasi.



Hari Ketujuh: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran

Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran.



Penting untuk Mama saat jalani diet GM:

Resep ini cukup dilakukan sekali sebulan. Ya sebulan sekali. Tidak lebih. Perhatikan, bagaimana Mama tidak perlu keluar banyak keluar uang  dan melakukan diet keras untuk mempertahankan berat badan yang menyehatkan.

Diet GM bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka yang butuh diet dengan penurunan berat badan secara cepat tanpa harus mengkhawatirkan rasa lapar ataupun bosan karena diet yang monoton.

Diet GM ini ternyata berhasil juga menurunkan kadar gula darah penderita Diabetes Melitus. Mama menyusui yang berat badannya melampaui berat ideal aman mengikuti diet ini. "

Lumayan yah klaimnya, bisa nurunin BB 5 sampe 8 kilo. tapi karena gue gak percayaan, gue cari tuh pengalaman menjalani diet GM di internet. tapi gak ada yang nyentuh 5kg. paling turun kisaran 2-4 kg. Trus, setelah mendapatkan banyak materi tentang diet GM gue mulai jalanin tuh. jadi singkatnya pola makannya kayak di gambar ini:



Hari Pertama:
Sumpah, hari ini bener-bener bikin lapar banget. Pagi banget gue jalan ke toko buah, kira kira setengah kilo lah dari kosan. disana gue beli salak, jambu biji, sama mangga.  beli yang murah murah aja. sebenarnya di diet GM dianjurin buah buahan yg banyak air kayak melon atau semangka. tapi karena gak mau ribet yaudah gue beli itu aja. nyampe dikos gue langsung makan salaknya. siangnya makan buah lagii sampe abis. Gila, gak kuat gue gak makan garam, akhirnya hari pertama gue cocolin tuh buahnya ke garam. gak lama, ada hasrat buat buang hajat, dan anehnya feses gue berubah warna! trus gue cari di internet, ternyata normal kalau warna feses berubah. trus sorenya beli jus manga campur wortel, sama jus tomat. BTW gue mikir lagi. tomat sama wortel kan sayur. trus ngapain gue beli. yaudah karena terlanjur gue tetep  minum. dan rasanya encer banget. gak bikin kenyang banget itu jus. akhirnya gue tidur cepet, berharap semoga hari esok bisa makan makanan yang lebih enak.

Hari Kedua:
Hari kedua ini cuma makan sayur-sayuran. yaudah tuh gue ke warteg, biar dapat sayuran murah meriah. beli apa ya dulu. terong balado sama capcay  kayaknya. wih nikmat. daripada kemarin yang cuma terasa manis. hidupku lebih berasa hari ini. sarapannya jam 8, tapi jam 12 udah lapar lagi. yaudah gue tidur siang aja biar gak lapar. trus sorenya beli sayur asem gitu. segerrr. karena pas malam hunting barang diskonan sama teman teman anak radiologi (beda jurusan), kita ke taman KB setelahnya. nyari makan. sempet bingung gue. kalo gak makan sendiri gak enak, yaudah tuh nyari menu yang "cuma sayuran" akhirnya beli tjapjay lagi. gak pake telur dan gak pake ayam, minumnya teh tawar.buset dah, pas bayar mihil amat, 18.000. hikss :(, duitku abis padahal buat beli sepatu sama pensil alis :(

Hari Ketiga: 
 habis pulang makan dari  taman KB, mampir beli buah, buat groceries hari ke tiga. lumayan gak bisa tidur, padahal tengah malam dah lewat, trus jam 1 pun lewat, apa karena lapar ya? atau karena tadi tiudur siang. yaudah gue ambil tuh buah-buahan, udah lewat jam 12 ini, aman, berarti udah keitung hari ketiga, batin gue. gila sampe abis tuh buah, baru gue ngeras ngantuk, trus tidur deh. 
jam 10 gue membuang hajat, tumben nih rutin, biasanya seminggu 1-2 kali. makanya perut buncit wkwkk.
hari ini gue cheating pemirsah. lapar banget rasanya cuma makan sayur doang, akhirnya jam 9 malaman nengok warung nasgor yang biasanya jualan jus tutup, sayur di warteg pasti abis jam segini, akhirnya gue ke minimarket. beli soyjoy. hikss lumayan harganya. trus kasirnya bilang ada promo kalau beli bareng nescafe, jadi 10 ribu. gak deh, nescafe kan ada gulanya, sama aja boong. yaudah akhirnya soyjoy coklan di tangan. ini kali keduanya gue makan soyjoy. kemarin, pas pertama tuh pas ada promo bareng nescafe. karena murah akhirnya gue beli yang strawberry, duh rasanya, gak enak gimana gitu, baunya juga lumayan aneh. tapi yang ciklat ini lumayan. kerasa banget cokelat sama almondnya. sayangnya yang ini kayaknya komposisi buah buahannya gak sebanyak yg strawberry. tapi ttp lebih enak.

Hari Keempat.
senengnya hari ini gue bisa kenyang tiap hari. yaudah beli pisang di deket kosan, sama beli susu low fat yang cokelat, sebenarnya sih sempet menimbang nimbang antara susu low fatt yang cokelat atau yang vanila. tapi karen atakut mual yang vanila, dan gak keminum. akhirnya beli yang cokelat. padahal  yang vanila kalorinya lumayan cuy, lebih rendah.

trus sampe deh dikosan karena belum sarapan tuh pisang samoe abis lima. wkwkkw. makannya pisang dipotong bunder-bunder, dikuahin susu. mantap. kayaknya hari itu hari ter enjoy diet. sorenya makan pisang 1 biji aja. sama susu  malamnya gak makan lagi, cuma minum susu sampe abis.

Hari Kelima
Hari ini menunya tomat dan daging. karena udah kepingin banget tuh makan SS akhirnya beli juga SS yang lele sama sambal tomat + mangga. yang sambel mangga gak abis, yaampun ternyata pedesnya lebih berasa kalo tanpa nasi. sorenya beli daging sepotong sama tempe goreng. aneh soalnya rasanya makan daging tanpa nasi. Dan, rasanya? enak banget emang daging sapi rendang rasanya nendang banget.
BTW hari ini gue nggak makan tomat. hikss gak ada yang jual. (yang deket maksudnya ) trus malamnya gue cheating lagi, beli soyjoy cokelat. lapar kukurubukan sih wkwkk

Hari Keenam
Hari ini bisa makan daging lagi gaiss. daging sama sayur. yaudah  paginya gue beli sayuran warteg 2 porsi,  trus malemnya tuh nyari tjaptjay, udah niat banget mau beli tjaptjay baso ternyat =a eh ternyata gak buka warung bakminya. yaudah beli di tempat lain, dan meunya cuma tjaptjay polosan atau tjaptjay sefood, dan yang seafood abis, terpaksa deh beli yang polosan. karena beum makan daging, akhirnya beli ati ampela. trus makan bareng cupleh. eh dia nawarin nasi. karena dia masak kan pake magic com, tapi gue nolak. bisa gagal ahhaha. yaudah tuh dikasih tahu 2 iris. uuuh kenyanggg.

Hari Ketujuh. 
Menu hari ini tuh nasi merah, sayur sama buah.
pagi buat sarapan, nitip sayur sama hafni, dibeliin sayur jamur tahu, sama  sup wkwkwk. dan rasanya enak seperti biasa. padahal pas udah makan sayur jamur tahu, udah kenyang. tapi karena ngeliat yang sup, kasian nanti dingin akhirnya makan lagi tuh. 
eh jam 1 udah lapar banget padahal udah minum air 2 gelas, ngeliat si ulfah makannya telur rebus blado sam nasi, keliatannya nikmaaaat banget. gue jadi lapar, akhirnya cheating lagi tuh beli soyjoy, berhubung yang cokelat ga diskon, dan harganya lumayan, akhrnya beli yang ungu, berry atau apa gitu gak tau. dan rasanya enak kayaknya lebih enak  dari yang cokelat deh. trus karena udah niat mau olahraga hari itu, akhirnya ke Gor Tri Lomba Juang, ikutan streetworkout gitu, lumayan capek pake bingits, danongkos gojeknya mahal bingit, tapi dikasih tau temen mending pake go-pay. yanudah dah besoknya pake go-pay aja lagi. biar ga buang uang. T.T andai punya motor. hikss

malemnya beli sayur tahu sama sayur pare, trus dimakan tuh, sambil nenangin otot otot yang sakit.


daaan finally my result ngejalanin diet GM yang kadang nyimpang dari prosedur,  kayak jumlah makanan yang gak tepat, ngemil soyjoy, sama minum gak nyampe 8 gelasan. 
BTW karena gak ada timbangan di kosan akhirnya gue ngukur lingkar perut dan lingkar lengan. Lumayan loh gaiiiissss
Lingkar perut udah -3cm . yeayyyy!!! 
dan Lingkar lengan atas  -1,5 cm. yeayyy !! 
BTW gue ngitung lingkar peryt tuh yang pas di pusar kalo lingkar lengan caranya kamu pake lengan kiri buat diukur, trus tekuk dulu tuh siku, ukur panjangnya , bagi 2. nah trus lurusin tanganmu, ukur tanganmu di pertengahan tadi. CMIIW

Sebenernya sih, masih dibilang gemuk sama temen-temen. Malah mereka bilangnya gak ada perubahan. Tapi berkat ukur mengukur akhirnya gue seneng sihh, lumayan ada progress.jadi keinget quotes ini:


Intinya, tetap semangat aja, karena gak mungkin juga lemak kamu hilang dalam sehari atau seminggu. tapi yang pasti kalau kamu mau usaha, pasti berkurang kok yang sabar sama disiplin aja (sambil nasehatin diri sendiri) haha. Rutin lupa olahraga juga ya! Love your body, gmna pun bentunknya, becose it is only place that you live in!


Tips buat kamu yang mau mulai diet GM:
mendingan mempersiapkan makananya sebelum mulai diet, kayak buah-buahan, pisang, toomat, susu, sayur sama dagingnya, kalau bisa sih beras merah juga. 
Trus ikutin aja aturannya biar bisa dapat hasil yang maksimal. usahain gak usah cheating. 
Kalo bisa di hari ketiga udah mulai yang namanya olahraga.
Dan satu lagi, sebaiknya dimulai pas hari libur, kayak sabtu minggu. soalnya hari pertama dan kedua bisa bikin lemes sebagian orang (kayak gue, *nunjuk diri sendiri)


Karena diet GM cuma bisa dilakuin sebulan sekali. Gue mau nyoba lanjut diet LCD (low carbo die) tunggu updatean kalo gue udah berhasil ngejalanin selama sebulan yaa! Tetap semangat.

UPDATEEE (kamis, 05 Januari 2016)
Berhubung di kosan gak punya timbangan akhirnya hari ini nimbang di kampus. dan hasilnya ??
BB turun 2,5 kg yeyeye.  tapi temen blm ada yang ngeuh dengan result ini, tapi gak apa-apa tetap semangat !!
Hari nimbang ini hari +3 diet GM dan dan tadi malam sempet diajak makan malam nasi goreng babat, yang kalorinya wuihhhh. BTW biasanya seporsi habis, tapi mungkin karena pas diet GM makannya emang jadi lebih sedikit, jadi cuma habis setengah porsi yeyeyee itupun kenyang bangettt. 
XOXO, 
Wagure


0 comments:

Powered by Blogger.